Search

29/12/10

Kekalahan yang terhormat, Awal dari kebangkitan



Walapun Timnas Indonesia gagal dalam piala AFF namun kekalahan Indonesia atas malaysia dalam pertandingan lag kedua di Gelora Bung Karno di Jakarta membuktikan bahwa Tim Indonesia patut diacungkan jempol. karena kekalahan Indonesia diwarnai atas tindakan tidak terpuji bagi suporter Malaysia dalam pertandingan pada leg pertama di Stadiun Bukit Jalil Malaysia, hal ini tidak membuat Suporter Indonesia ikut serta dalam mencoreng nama baik suporter sepak bola, karena pada saat bertanding di Stadiun Gelora Bung Karno Hampir dari 90 menit pertandingan berjalan lancar tanpa ada satu pun insiden yang menghalangi pertandingan final piala AFF ini. 

Jiwa suportif dan Profesional masih dijujung para suporter timnas untuk menjaga nama baik Bangsa Indonesia, walaupun kalah dalam selisih gol tandang kandang namun timnas masih bisa menjaga rekor tak terkalahkan dikandang dalam piala AFF ini karena timnas Indonesia mendapatkan skor 2-1 atas gol yang diberikan oleh Ahmad Bustomi dan M.Ridhuan. Namun pada leg pertama timnas Indonesia mengalami kekalahan 3-0 ditandang sehingga selisih gol kalah 4 - 2, tapi jika dilihat lagi pada waktu pertandingan leg pertama timnas Indonesia mendapatkan berbagai macam gangguan saat bertanding di Stadiun bukit jalil. Mengakibatkan konsentrasi pemain timnas Indonesia tidak bisa terfokus pada pertandingan yang sedang terjadi pada waktu itu. kelamahan ini dimanfaatkan para pemain Malaysia untuk menjebol gawang Indonesia. 

Tapi kekalahan timnas Indonesia meninggalkan dampak yang positif bagi Bangsa Indonesia, berkat perjuangan timnas sampai kefinal antusias seluruh masyarakat dalam mendukung timnas sangat kompak dan membangun jiwa nasionalisme yang sangat tinggi bagi seluruh masyarakat Indonesia dipelosok negeri. untuk itu walaupun timnas gagal dalam meraih juara yang selama ini dinantikan masyarakat Indonesia namun banyak sekali pelajaran didapat dari pertandingan ini dan mungkin ini adalah awal dari perjuangan timnas Indonesia dalam menghidupkan kembali persepak bola di Negeri ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar